Saturday, May 15, 2010

Memahami warna

Tahukah Anda? Warna biru di kategori bank saat ini melambangkan BCA, kombinasi warna merah biru adalah Lippo, gradasi biru ke putih adalah Citibank, pita emas adalah Bank Mandiri, hijau dan orange adalah BNI. Oleh karena itu, Danamon perlu mengklaim warna orange dan kuning.

Warna hijau pada film/fotografi adalah milik Fuji, dan warna kuning milik Kodak, sehingga Konica memilih warna biru. Warna adalah salah satu elemen yang paling kuat untuk di-recall, karena warna sangatlah emosional daripada bentuk.

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menghubungkan suatu peristiwa dengan warna tertentu, namun belum juga dapat ditemukan secara pasti sumber tunggal yang dapat menerangkan mengapa suatu warna tertentu digunakan pada konteks tertentu.

Hal ini disebabkan karena manusia sebagai objek yang memberikan persepsi ada dalam konteks kebudayaan yang sangat beragam dan berbeda-beda. Hendry Dreyfuss dalam bukunya yang berjudul “Symbol Sourcebook”, mencoba membuat asosiasi atas dasar penelitiannya selama bertahun-tahun, dengan tujuan memenuhi kebutuhan pemilihan warna untuk memberikan atmosfir tertentu pada objek yang digarapnya.

Berikut akan dijabarkan asosiasi beberapa warna yang terdapat dalam buku tersebut ke dalam sebuah tabel:



Berikut pengelompokkan warna berdasarkan aroma:



Warna sebagai media perangsang (stimulator):



Oleh karena itu, seorang desainer komunikasi visual dituntut untuk dapat menggunakan dan menerapkan warna secara tepat, sebagai atribut yang paling awal untuk didefinisikan.

Software CorelDRAW umumnya digunakan di bidang percetakan yang menggunakan sistem pewarnaan 32-bit, atau lebih populer dengan istilah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black). Keempat warna ini bekerja pada dasar warna putih atau kertas. Dari kombinasi keempat warna tersebut akan menghasilkan berjuta-juta warna. Pemakaian warna jenis ini dapat Anda temui pada printer berwarna, mesin cetak, separasi, dan sablon.

Sedangkan warna dengan jenis 24-bit atau lebih dikenal dengan RGB (True Color), biasa dipakai dalam televisi berwarna dan monitor komputer. Sistem RGB ini adalah sinar atau cahaya berwarna Red, Gree, dan Blue yang bekerja pada dasar hitam, gelap, atau tanpa cahaya.

Untuk memilih sistem mana yang akan Anda gunakan, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempertanyakan tujuan akhir dari desain yang Anda buat. Jika hasil akhirnya
adalah percetakan atau kertas, maka gunakan sistem CMYK. Gunakan RGB untuk hasil akhir monitor, televisi, atau video, seperti CD Interaktif.

Dalam CorelDRAW, untuk memilih sistem warna apa yang akan digunakan, kita dapat menekan menu Window > Color Palettes, pilih sistem mana yang akan Anda gunakan.

sistem warna

Untuk lebih memahami cara menggunakan warna, buatlah objek lingkaran dan seleksi dengan menggunakan Pick Tool, pilih atau klik warna yang Anda inginkan pada palet warna (sisi kanan dari Drawing Window).
Mewarnai Objek dan Outline



Keterangan:
• Klik kiri untuk mengisi objek.
• Klik kanan untuk mengisi garis tepi objek (outline).
• Tanda X untuk menghilangkan warna (klik kiri warna pada
objek, klik kanan warna pada garis atau garis tepi (outline).


0 comments:

Post a Comment